The Mediating Role of Elementary School Dapodik Operator Work Motivation to Increase User Satisfaction, Information Quality and System Quality
Abstract
Penggunaan teknologi informasi bertujaun untuk memberikan kepuasan pengguna informasi. Teknologi sistem pendataan jenjang pendidikan mulai dari TK, PAUD, pendidikan dasar, pendidikan sekolah menengah pertama, menengah atas. Dapodik dapat disebut sebagai salah satu strategi manajemen sekolah yang kelola oleh operator sekolah dan para pendidik. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan kepuasan pengguna system dapodik yang dimediasikan oleh motivasi operator. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner pada pengguna dapodik di kota Cilegon. Teknik analisis data menggunakan alat statisitik structural equational modelling (SEM) yang berfungsi untuk mengukur hubungan antar variable, dan menguji hipotesi pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian antara lain: 1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kualitas system terhadap kepuasan pengguna. 2) bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas system terhadap motivasi. 3) ada pengaruh antara kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna. 4) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kualitas informasi terhadap motivasi. 5) tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap Kepuasan Pengguna. Simpulan penelitian yaitu faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna antara lain kualitas informasi, dan yang memengaruhi motivasi operator adalah kualitas system.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.