The Role of Differentiation Learning Mediation to Improve The Quality of Class Teachers

Siti Arum, Furtasan Ali Yusuf, Ade Manggala Hardianto

Abstract

Guru merupakan fasilitator yang merancang dan menerapkan strategi yang fleksibel untuk terlibat secara aktif. Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan model kualitas guru kelas dengan melibatkan pembelajaran diferensial, supervisi korektif, dan supervisi media pembelajaran. Jenis penelitian adalah kuantitaif dengan cara menyebarkan kuesioner pada guru sekolah dasar, dan terkumpul 163 responden. Teknik analisis penelitian dibantu alat statistic structural equation Modelling (SEM) antara lain menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung antara variable beserta besaran hubungannya. Hasil penelitian menunjukan: 1) ada  pengaruh yang signifikan antara Supervisi Korektif terhadap kualitas guru kelas. 2) ada pengaruh yang signifikan antara supervisi korektif terhadap pembelajaran diferensial. 3) ada pengaruh yang signifikan antara Supervisi Media Pembelajaran terhadap kualitas guru kelas. 4)  ada pengaruh yang signifikan Supervisi Media Pembelajaran terhadap pembelajaran diferensial. 5) ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran diferensial terhadap kualitas guru kelas. 6) ada pengaruh yang signifikan peran mediasi terhadap kualitas guru kelas.

Keywords

Supervisi Korektif, Supervisi Media Pembelajaran, Pembelajaran Diferensial, Kinerja Guru Kelas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.