The Influence of the Virtual Laboratory Assisted Problem Based Learning Model on Students’ Motivation and Cognitive Learning Outcomes on Acid Base Titration Material
Abstract
Tujuan penelitian guna menganalisis pengaruh model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa, dan untuk menganalisis hubungan motivasi dan hasil belajar kognitif pada materi titrasi asam basa. Metode penelitian kuantitatif quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design dengan sampling total. Data dianalisis melalui uji t, uji N-Gain dan uji korelasi pearson. Hasil yang diperoleh ialah penerapan model PBL berbantuan laboratorium virtual berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif. Implementasi model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap peningkatan motivasi belajar yaitu sebesar 19,55% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif yaitu sebesar 21,7. Korelasi pada penelitian ini, antara motivasi dan hasil belajar kognitif adalah searah dengan tingkat korelasi sedang yaitu sebesar +0,596. Korelasi searah maksudnya adalah apabila motivasi belajar tinggi, maka hasil belajar kognitif juga tinggi, begitu pula sebaliknya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Refbacks
- There are currently no refbacks.