Analisis Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Memebli Produk PT Indomarco Prismatama (Studi Kasus di Minimarket Indomaret Kecamatan Kraton Pasuruan)

Nur Qomariah

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh lokasi, promosi dan kualitas pelayanan  terhadap keputusan pembelian pada PT Indomarco Prismatama. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data yang  diperoleh melalui kuesioner kepada konsumen dari PT Indomarco Prismatama. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen dari PT Indomarco Prismatama sebanyak 100 responden, dengan menggunakan teknik non random sampling. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model analisis regresi berganda, maka dapat disimpulkan apabila Indomaret mampu menyediakan lokasi yang mudah dijangkau, terletak di pusat keramaian dan lokasi parkir yang aman, maka konsumen akan suka melakukan pembelian di Indomaret. Proses penyebaran informasi atau promosi yang dilakukan Indomaret berupa hadiah langsung, kupon undian dan potongan harga mampu mempengaruhi atau membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan dan meningkatkan penjualan Indomaret. Dapat disimpulkan bahwa lokasi, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada PT Indomarco Prismatama.

Keywords

location, promotion, purchasing decision, service quality

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.