Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Example Non Eample Kelas II SD Negeri 1 Sorogaten Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023

Fibri Amiriyatul Karimah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 2 SD Negeri 1 Sorogaten. Subjek penelitian adalah kelas 2 sebanyak 15 siswa. Peningkatan hasil belajar muatan matematika dilihat dari nilai rata-rata dan jumlah ketuntasan belajar, yaitu dari prasiklus nilai rata-rata sebesar 68,6, siklus I meningkat menjadi 73,93, atau terjadi peningkatan sebesar 5,33, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,86 atau meningkat sebesar 7,92, dengan demikian melalui metode pembelajaran Example non Example nilai rata-rata muatan pelajaran matematika secara keseluruhan meningkat dari prasiklus sebesar 68,60, siklus II sebesar 81,86, atau meningkat sebesar 13,26. Jumlah siswa yang tuntas dari prasiklus sebanyak 6 siswa meningkat menjadi 11 siswa atau meningkat 5 siswa, meningkat lagi pada siklus II menjadi 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan melalui metode Example non Example terjadi peningkatan motivasi belajar dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 30,00% yaitu dari 40,83% pada prasiklus meningkat menjadi 70,83%, pada siklus I. Peningkatan motivasi belajar dari siklus I sebesar 70,83%, meningkat menjadi 91,67% pada siklus II, atau terjadi peningkatan sebesar 20,83%. Peningkatan motivasi belajar siswa secara keseluruhan yaitu dari prasiklus sebesar 40,83%, meningkat menjadi 91,67% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 50,83%

Keywords

Learning outcomes, learning motivation, non example method

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.