Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Dengan Model Debat Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Bendo

Ambar Asmorowati

Abstract

Motivasi dan hasil belajar siswa perlu ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran debat. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui motivasi siswa kelas VI (6) SD Negeri 1 Bendo, setelah melaksanakan pembelajaran dengan model debat dan Mengetahui prestasi siswa kelas VI (6) SD Negeri 1 Bendo, setelah melaksanakan pembelajaran dengan model debat, yang dianggap dapat dicapai melalui penerapan model pembelajaran debat. Metode dan teknik penelitian menggunakan Penelitian tindakan Kelas dengan subyek penelitian berjumlah 25 orang pada kelas VI (6) SD Negeri 1 Bendo. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa hanya 70,33%, rata-rata hasil belajar baru mencapai 7,01%, sehingga siswa yang telah tuntas hanya mencapai 74,82% dan yang belum tuntas mencapai 16,52%. Pada siklus II rata- rata motivasi belajar meningkat sampai 85,55%, rata-rata hasil belajar meningkat sampai 7,80%, siswa yang tuntas menjadi 89,96% dan siswa yang tidak tuntas mengalami penurunan hingga 7,88%. Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar

Keywords

motivasi, prestasi, debat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.