The Effect of Sales Promotion on Buying Decision (Case Study of the Blessing Geplak Cake Culinary Business in Parungpanjang District, Bogor)

Mutmainnah Mutmainnah, Ahmad Dimyati, Dedek Kumara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi penjualan yang dilakukan pada Usaha Kuliner Kue Geplak Berkah di Kecamatan Parungpanjang Bogor juga mengetahui keputusan pembelian pada Usaha Kuliner Kue Geplak Berkah di Kecamatan Parungpanjang Bogor dan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Promosi Penjualan pada Usaha Kuliner Kue Geplak Berkah di Kecamatan Parungpanjang Bogor. Keputusan Pembelian Kabupaten Parungpanjang Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu melalui pendekatan, pengumpulan data menggunakan metode kuisioner (kuesioner) kepada pelanggan restu usaha kuliner. Hasil penelitian adalah promosi penjualan pada Usaha Kuliner Kue Geplak Berkah di Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor baik dilihat dari rata-rata skor variabel (X) Promosi Penjualan sebesar 3,89. Keputusan Pembelian pada Usaha Kuliner Kue Geplak Berkah di Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor kedua hal tersebut dilihat dari skor rata-rata variabel (Y) Keputusan Pembelian sebesar 3,96. Promosi penjualan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Usaha Kuliner Kue Geplak Berkah di Parungpanjang Bogor. Hal ini ditunjukkan dengan regresi (R) sebesar 0,553 dengan persamaan regresi Y = 24,55 + 0,553 Besarnya sumbangan pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian sebesar 96,1% dan sisanya sebesar 3,9% dipengaruhi oleh beberapa faktor lain dan hasil uji t adalah thitung lebih besar dari ttabel 6,789 > 1,666.

Keywords

Keywords: Sales Promotion, Purchasing Decisions

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.