Efforts To Improve Student Learning Outcomes in Class II Time Measurement Material Through Problem Based Learning Model at Telaga Asih SDN 03 Telaga Asih Cikarang Barat Bekasi

Daryanti Daryanti

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika pada siswa kelas 2A SDN Telaga Asih 03, cenderung masih berpusat pada guru. Guru belum menggunakan model atau strategi yang variatif. Hal ini mengakibatkan minat, aktivitas, dan hasil belajar siswa belum maximal. Usaha untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan penelitian dengan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran metematika menggunakan model Problem Based Learning. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Telaga Asih 03 sebanyak 22 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang proses kajiannya terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus tiap siklus dilaksanakan dengan tujuan memperbaiki pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan hasil berupa peningkatan nilai. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa dalam menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pengukuran waktu.

Keywords

Hasil belajar, matematika, model PBL

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.