Description of Students' Conceptual Understanding Ability in Science Learning at SDN 006 Tarakan

Flora Ghodlif Robert, Kartini Kartini, Dedi Kusnadi

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa untuk memperoleh makna dari ilmu pengetahuan yang digunakan sebagai dasar dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA di SDN 006 Tarakan. Penelitian ini menggunakan peneliti n kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian adalah kemampun pemahaman konsep IPA siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman konsep, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep IPA siswa dapat diketahui bahwa pada indikator pertama, kelompok tinggi mampu memenuhi seluruh indikator, kelompok sedang kurang mampu memenuhi indikator soal dan kelompok rendah tidak mampu memenuhi indikator. Pada indikator kedua, kelompok tinggi dan kelompok sedang mampu memenuhi indikator, sedangkan kelompok rendah tidak mampu memenuhi indikator. Pada indikator ketiga, kelompok tinggi mampu memenuhi indikator sedangkan kelompok sedang dan kelompok rendah tidak mampu memenuhi indikator, namun hanya ada beberapa soal yang mampu diselesaikan.berdasarakan hasil penelitian tersebut bahwa ada Sebagian dari siswa yang memenuhi semua indikator dan ada juga Sebagian siswa yang tidak mampu memenuhi semua indikator.

Keywords

Deskripsi, Pemahaman Konsep IPA, Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.