Analysis of Teacher Difficulty Problems in Learning in Inclusion Schools

Audri Aulia Justisia, Arina Kurnia Putri, Assaniyah Alfani Al Mubarokah, Arifatul Falasif Salsabila, Muhammad Chamdani, Siti Fatimah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan dalam penyelenggaraan pembelajaran inklusi di SD Negeri Podourip. Subjek yang digunakan adalah tenaga pendidik dan anak berkebutuhan khusus di SD Negeri Podourip. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, pengisian angket, studi observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu reduksi data, verifikasi data, dan menarik kesimpulan. Reduksi data dilakukan dengan cara menajamkan data yang penting, menggolongkan, mengarahkan dan membuang data yang tidak diperlukan. Verifikasi data dilakukan dengan cara mengaitkan hasil penelitian dengan dasar teori dan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya sarana dan prasarana serta tenaga pendidik yang kurang berkompeten dalam melaksanakan pembelajaran inklusi di SD Negeri Podourip. Sehingga keberjalanan pendidikan inklusi di SD Negeri Podourip masih kurang maksimal.

Keywords

Permasalahan, Inklusi, Kesulitan Guru, Pembelajaran, dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.