Teacher Professionalism and Challenges in Facing an Independent Curriculum

Ragil Anin Ditya, Sheila Yuliantono Putri, Tiara Salsabilla M. W., Dewi Indrapangastuti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hakikat guru yang profesional serta tantangan guru dalam menghadapi kurikulum merdeka. Prosedur penelitian ini meliputi (1) Menganalisis masalah penelitian, (2) Menentukan kata kunci sesuai dengan topik penelitian, (3) Memilih literatur acuan yang digunakan dalam penelitian. (4) Memilih istilah yang sesuai dengan bidang kajian, dan (5) Melakukan pencarian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalitas guru merupakan tanggung jawab yang melekat pada guru, dan dapat direalisasikan untuk mengembangkan potensi dalam dirinya. Terdapat 16 pilar yang menekankan sikap dan perilaku pendidik untuk mengembangkan potensi dirinya, kurikulum merdeka menguatkan orientasi pengembangan karakter dan kompetensi melalui penyederhanaan konten dan pemberian fleksibilitas, dalam pelaksanaan kurikulum merdeka guru dituntut untuk melek akan teknologi, dan menjadi guru kreatif dan inovatif, tantangan yang harus dihadapi guru meliputi kesiapan pendidik dan kesiapan peserta didik. Kurikulum merdeka menguatkan orientasi pengembangan karakter dan kompetensi melalui penyederhanaan konten dan pemberian fleksibilitas. Terdapat 16 pilar yang menekankan sikap dan perilaku guru untuk mengembangkan potensi peserta didik. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan guru yang profesional, karena kurikulum merdeka menuntut guru untuk melek teknologi, mengajar sesuai dengan pencapaian dan perkembangan peserta didik, guru harus saling meningkatkan value dirinya, serta harus menjadi guru yang kreatif dan inovatif. Tantangan yang dihadapi guru meliputi kesiapan pendidik dan kesiapan peserta didik.

Keywords

Profesionalitas guru, Tantangan, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.