The Effect of Character Education on Students' Learning Motivation

Astria Nadeak, Patri Janson Silaban, Bogor Lumban Raja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pendidikan karakter terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Swasta Assisi Medan tahun pembelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Swasta Assisi Medan. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif jenis survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dalam penelitian ini peneliti memilih kelas V sebagai sampel penelitian sejumlah 40 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket yang dibagikan kepada 40 orang siswa yaitu angket pendidikan karakter dan angket motivasi belajar. Untuk menguji hipotesis, uji hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter (X) memiliki nilai rata – rata 80,57 yang di interpretasikan sebagai  tinggi dan motivasi belajar (Y) memiliki nilai rata – rata 92,37 yang diinterpretasikan sebagai sangat tinggi. Hasil koefisien korelasi dalam penelitian ini adalah  dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji -t di peroleh hasil  >   dengan hasil 3,204 > 1,685 dengan taraf signifikan (α = 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Swasta Assisi Medan.

Keywords

Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.