Regular Teacher Professionalism in The Implementation of Elementary School Inclusion Education in Kebumen

Agustina Puspa Mentari, Ahsina Sabri, Ariana Diah, Dania Prasasti, Eka Puspitasari, Muhamad Chamdani, Siti Fatimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis tingkat profesionalisme guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusi sekolah dasar di Kebumen dan (2) Menjadi bahan evaluasi pihak terkait dalam upaya perbaikan pendidikan inklusi sekolah dasar di Kebumen. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian SD N Tunjungseto, SD N Pecarikan, dan SD N Podourip yang merupakan sekolah inklusi di Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan juga wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis data, kami menganalisis dengan menggunakan analisis interaktif menurut Miles and Huberman yang terdiri atas empat komponen proses analisis, yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Keywords

profesionalisme guru, Guru Reguler, Pendidikan Inklusif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.