Efforts to Increase Students' Learning Outcomes on The Theme of The Rich of My Country Through The Cooperative Script Model in Class IV Elementary School

Jenti Mariani Hutasoit, Rumiris Lumban Gaol, Juliana Juliana, Patri Janson Silaban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script dengan tema kayanya negeriku di kelas IV SD swasta dharma wanita medan tahun ajaran 2021/2022 subjek penelitian ini adalah 24 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik yang digunakan oleh penelitian dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative script. hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada siswa pretest (tes awal) atau yang mendapat nilai tuntas 9 siswa (37%) sedangkan 15 siswa (63%) yang mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 50,04. Pada post test siklus I meningkat menjadi 10 siswa (42%) yang tuntas sedangkan 14 siswa (58%) yang tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 62,25%. Pada post test siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 20 siswa (83%) yang tuntas dan 4 siswa (17%) mendapat nilai tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 75,70. Selanjutnya dari hasil observasi kegiatan guru dalamĀ  melaksanakan pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 78% dan observasi terhadap kegiatan siswa diperoleh rata-rata 68 pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 89% ( sangat baik)

Keywords

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, cooperative script

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.