Feasibility of Image-Based Digital Teaching Books to Improve Literature Ability for Class II Students of SDN 18 Dodu Kota Bima

Tri Nurhidayah, Sri Lastuti, Muh. Rijalul Akbar

Abstract

Literasi merupakan salah satu program dari pemerintah yang wajib di lakukan bagi setiap masyarakat dan dapat dilihat dari tingkat literasi masyarakat di NTB masih terbilang rendah. Sebagian besar siswa maupun masyarakat lebih senang memainkan gatgetnya dari pada untuk membaca dan mencari referensi pendidikan menggunakan gatgetnya. Hal ini mengakibatkan peserta didik jarang menguatkan kemampuan literasinya melalui buku. Salah satu upayah untuk menyeimbanginya yaitu memanfaatkan peran teknologi dalam menyampaikan informasi yang berupa menyediakan buku dalam bentuk digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan kelayakan dan kualitas dari buku ajar digital berbasis gambar yang telah di kembangkan. Jenis penelitian yang digunaka pada penelitian ini yaitu R&D dengan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kualitas buku ajar digital dapat di ukur melalui analisis validasi dan respon guru serta respon siswa.  Hasil penelitan ini menunjukan bahwa: Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan, diperoleh data hasil uji validasi ahli materi 91,2%, ahli media 98%, sedangkan hasil respon guru diperoleh 94,00% dan respon siswa 92,8% berdasarkan kategori validasi, karena 81-100% sehingga produk buku ajar digital dikatakan sangat layak untuk digunakan dan mendapatkan respon positif dari guru dan siswa. Dari hasil penelitan tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar digital berbasis gambar layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.