Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 1 Bocor

Ani Purwanti, Bunayya Nisa Rahma Fatikha, Dini Rachma Dani, Evi Fitriyani Mungarofah, Farkhani Muthoharoh, Muhamad Chamdani

Abstract

Keputusan Menristek Dikti No. 56 Tahun 2022 menerapkan kurikulum merdeka yang di dalamnya menekankan profil pelajar pancasila sebagai salah satu upaya memperbaiki dan memperkuat karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis profil pelajar pancasila pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Bocor. Metode penelitian adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang perolehan datanya dengan wawancara, dokumentasi, penyebaran angket dan observasi, subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SDN 1 Bocor dan objek penelitian adalah siswa serta guru SDN 1 Bocor. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan guru kelas IV SDN 1 Bocor yang di ambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dari Milles dan Huberman. Berbagai kegiatan dilakukan guru untuk menanamkan aspek-aspek profil pelajar pancasila. Dengan hasil angket siswa rata-rata di atas 90%. Disimpulkan penerapan profil pelajar pancasila di SDN 1 Bocor adalah baik.

Keywords

profil pelajar pancasila, siswa, dan sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.