Analysis of Student Perceptions in The Implementation of Science Practicum as Supporting Scientific Attitude

Annisa Luthfiyatur Rosyda, Ghazi Inzanul Ardiatama, Rahayu Fitriyani, Rika Prima Santi, Marfu’atul Khasanah, Bagas Riyadi, Kartika Chrysti Suryandari, Siti Fatimah

Abstract

Sikap ilmiah merupakan karakter utama seseorang dalam melaksanakan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil persepsi mahasiswa dalam pelaksanaan praktikum sebagai penunjang sikap ilmiah yang dimiliki oleh mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif survei dengan pengambilan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi selama kegiatan praktikum mata kuliah SDA Tahun Akademik (TA) 2022/2023 dengan analisis data berupa Miles and Huberman dan analisis skala likert. Adapun responden penelitian ini yaitu mahasiswa semester 3 PGSD FKIP UNS Kampus Kebumen sejumlah 121 mahasiswa. Angket yang digunakan dengan lima alternatif jawaban berupa data ordinal. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi mahasiswa dalam pelaksanaan praktikum memperoleh rata-rata dengan persentase 62,74% meliputi: rasa ingin tahu 55,4%; jujur 70,8%; dapat bekerja sama 61,9%; terbuka 55,2%; percaya diri 70,4%. Dengan demikian, presepsi mahasiswa dalam pelaksanaan praktikum IPA mampu menunjang sikap ilmiah, dimana sikap sikap ilmiah mahasiswa berada pada kriteria cukup baik.

Keywords

persepsi, praktikum IPA, sikap ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.