E-learning as an Implementation of Character Education for 21st Century Students

Hardhina Renata Fitri, Hulwatun Niswah, Ivo Anggriani Uzi Sabrina

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran e-learning pada abad 21. Peneliti berharap jurnal ini bukan hanya dijadikan sebatas bacaan saja, melainkan juga untuk bahan refrensi, acuan, bahkan pedoman agar dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan motede pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Bahan penelitian yang bersumber dari referensi jurnal-jurnal yang relevan kemudian diidentifikasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan penelitian. Hasil analisis dari penelitian ini adalah menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran e-learning dengan berbagai cara seperti penerapan karakter dalam pembelajaran, gerakan literasi digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran e-learning dapat diterapkan untuk menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik.

Keywords

E-learning, pendidikan karakter, peserta didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.