Analysis of Learning Motivation Through The Application of Snakes and Ladders Media in Civics Subjects for Fifth Grade Students

Rahayu Fitriyani, Rahma Futri Aulia, Ani Purwanti, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Pendidikan di sekolah dasar belum sepenuhnya menerapkan media guna menunjang proses pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan pengambilan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi sehingga didapatkan hasil penilaian respon tenaga pendidik dan siswa. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman. Pembelajaran melalui media permainan ular tangga dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibagor tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel siswa sebanyak 19 siswa. Adapun indikator yang dianalisis yaitu hasrat untuk berhasil, dorongan dan kebutuhan belajar, dan kegiatan yang menarik dalam belajar. Berdasarkan hasil angket didapatkan sebanyak 93,86% responden rata-rata setuju media ular tangga mampu memotivasi belajar. Dengan demikian, adanya media permainan edukatif ular tangga menjadikan proses pembelajaran PPKn efektif untuk memotivasi belajar siswa sehingga dapat berpartisipasi aktif saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Keywords

media, motivasi, ular tangga, pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.