The Effectiveness of Using Liveworksheets as Learning Evaluation Materials for Elementary School Students

Diah Rahma Sulistiani, Fadila Sabrina Khusnandi, Agus Fatkhurrohman, Wahyono Wahyono

Abstract

Era digital merupakan masa dimana perkembangan teknologi terjadi di seluruh dunia. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan merupakan salah satu tindakan yang tepat dalam memecahkan masalah di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan liveworksheet sebagai bahan evaluasi pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ini yaitu menggunakan teknik studi literatur dari berbagai penelitian yang sudah ada. Prosedur penelitian yang digunakan adalah (1) mengunjungi pada web google scholar; (2) pengumpulan artikel yaitu dengan mencari dan mendownload artikel pada web google scholar; (3) menata artikel yang terpilih; (4) menganalisis artikel dan menarik kesimpulan. Aplikasi liveworksheet digunakan sebagai alternatif untuk membuat LKPD interaktif yang memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan. LKPD interaktif disusun sesuai kemampuan siswa yang menggunakan liveworksheet dan disesuaikan dengan kegiatan belajar mengajar. Penerapan aplikasi liveworksheet dapat meningkatkan hasil belajar serta minat belajar siswa dan memenuhi kriteria kelayakan, praktis, dan efektif.

Keywords

Liveworksheet, evaluasi pembelajaran, siswa, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.