Application of ICT to Improve the Quality of Learning for Elementary School Children

Indi Anggraeni, Nada Khairunnisa H, Nawang Setiasih

Abstract

Teknologi Pendidikan digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Semakin meningkatnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran saat ini, diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai pesan pendidikan, metode pengajaran menjadi lebih menarik dan terstruktur, dan akan dikemas secara sistematis dalam paket fisik atau virtual yang dapat memecahkan masalah. Tujuan kajian ini adalah untuk menganalisis pengaruh atau dampak baik dan buruknya penerapan TIK terhadap kualitas pembelajaran anak sekolah dasar. Dengan menggunakan metode kepustakaan disertai beberapa prosedur penelitian. Hasilnya adalah adanya TIK ini pembelajaran tidak terbatas pada ruang dan waktu karena dapat membuat kurikulum menjadi lebih mudah, inklusif bagi siswa, sederhana dan meresap, menyenangkan, fleksibel, dan dapat mengembangkan potensi siswa. Penggunaan teknologi sebagai alat pembelajaran membuat proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien, karena dengan adanya teknologi ini menjadi lebih mudah dalam menerima atau mengkomunikasikan informasi (pesan atau isi materi) pembelajaran, teknologi ini digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran serta mengelola proses pembelajaran sesuai sumber daya yang ada. Oleh karena itu, prinsip teknologi pendidikan harus diterapkan di seluruh kurikulum.

Keywords

penerapan teknologi pendidikan, meningkatkan kualitas pembelajaran anak SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.