Learning Innovation of PjBL Model In The Era of Independent Learning Curriculum
Abstract
Inovasi pembelajaran merupakan sebuah upaya pembaharuan terhadap berbagai komponen yang diperlukan dalam penyampain materi pelajaran. Adanya inovasi ini dapat dilakukan melalui model pembelajaran salah satunya yaitu Model PjBL (Project Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi inovasi pembelajaran model PjBL (Project Based Learning) pada Kurikulum Merdeka melalui teknologi informasi. Teknologi merupakan penerapan ilmu perilaku, alam dan pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah. Pengembangan model pembelajan PjBL (Project Based Learning) melalui teknologi informasi dapat dimanfaatkan dengan melalui google classroom, Zoom, Google Meet, dan Canva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan teknik yang kami gunakan yaitu analisis deskriptif melalui berbagai macam sumber untuk dijadikan bahan pertimbangan. Prosedur penelitian tahapan yang dilakukan sebagai berikut; (1) Pengumpulan data, (2) Pengolahan data, (3) Analisis data, data-data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. (4) Hasil penelitian, hasil yang didapatkan berupa kesimpulan, dimana rekonstruksi dapat dilakukan dengan beberapa tahap (Jamil, dkk, 2020). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi khususnya pada media sosial berdampak bagi pembelajaran dengan model PjBL (Project Based Learning) karena dapat mengembangkan kreatifitas siswa secara mandiri dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Sehingga simpulan dari penelitian ini adalah adanya inovasi pembelajaran melalui teknologi dengan menggunakan model PjBL sangat membantu adanya proses pembelajaran siswa untuk dapat mengembangkan kreativitasnya.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.