Analysis of Mathematical Difficulties Facing Class IV Students in Dealing with Numeration Ability in the Age of Independent Curriculum

Ning Dainty Restiani, Annisa Fajar Rahmawati, Nafida Yusti Amalia, Kartika Chrysti Suryandari, Ratna Hidayah

Abstract

Mayoritas siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, terlebih dengan adanya perubahan kurikulum yang digunakan sehingga banyak siswa mendapatkan hasil belajar matematika dibawah kriteria ketuntasan minimal yang menjadi salah satu patokan adanya kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan-kesulitan belajar matematika dan faktor penyebab yang dialami oleh siswa kelas IV SDN 1 Kalibagor dalam implementasi kurikulum merdeka. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi kesulitan matematika pada kurikulum merdeka oleh siswa kelas IV. Dalam penelitian ini responden sebanyak 26 siswa dan 1 guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa meliputi kesulitan pemahaman konsep, penguasaan keterampilan matematika, serta kesulitan pemecahan masalah. Hal ini disebabkan karena adanya faktor internal dan eksternal. Oleh karena itu, perlu adanya bimbingan dan pendampingan dari guru maupun orangtua agar mampu mengatasi kesulitan belajar siswa.

Keywords

kesulitan, matematika, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.