Analisis Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Sekolah Dasar

Turiyah Turiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model PjBL dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III di SDN 1 Bulusari, Cilacap. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduski data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) guru menggunakan model PjBL degan menggunakan enam langkah menentukan pertanyaan dasar, membuat desain proyek, menyusun jadwal, memonitor kemajuan proyek, penilaian hasil, dan evaluasi pengalaman; 2) Kemampuan kognitif siswa kelas IV dapat berkembang dengan baik seperti kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan sebuah ide/gagasan; 3) guru menggunakan berbagai media dan sumber belajar dalam mengimplementasikan model PjBL seperti menggunakan lingkungan sekitar, video, dan benda-benda konkret; 4) guru menyusun perencanaan pembelajaran PjBL dengan baik dalam rangka mengembangkan kemampuan kognitif anak seperti menyusun RPP, materi, LKPD, penilaian, dan sebagainya. Simpulan dalam penelitian ini adalah guru menggunakan model PjBL dengan sistematis dengan menggunakan berbagai media pembelajaran sehingga dapat mengembangkan kemampuan kognitif siswa dengan baik.

Keywords

PjBL, kemampuan kognitif, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.