Efforts to Improve Learning Outcomes of Class IV Students Using The Cooperative Learning Model Assisted by Animation Media Private

Yura Margoretti Br Ginting, Dewi Anzelina, Dyan Wulan Sari HS, Patri Janson Silaban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif di kelas IV SD Swasta Masehi Berastagi tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Swasta Masehi Berastagi. Subyek penelitian ini adalah 35 siswa. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada pre test siswa yang mendapatkan nilai tuntas 5 orang (14%) dengan rata-rata hasil belajar 45,6%. Pada posttest siklus I meningkat menjadi 16 siswa (46%) yang tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 67,6%. Pada posttest siklus II, hasil belajar siswa meningkat 26 siswa (74%) yang tuntas dengan rata-rata hasil belajar 76%. Selanjutnya dari hasil aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh skor 66% dalam kategori baik dan hasil observasi yang dilakukan terhadap aktivitas siswa diperoleh 66% dalam kategori cukup. Pada siklus II observasi guru meningkat menjadi 96% dalam kategori sangat baik, sedangkan hasil observasi siswa dalam proses pembelajaran meningkat menjadi 94% sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa.

Keywords

model pembelajaran kooperatif, aktivitas dan hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.