An Effort to Improve Student Learning Outcomes With A Contextual Teaching and Learning Model on The Theme of Objects Around Us in Class V Elementary School

Lena Julenta Purba, Rumiris Lumban Gaol, Anton Sitepu, Patri Janson Silaban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 067242 Medan Sunggal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada siswa pretest (tes awal) yang mendapat nilai tuntas 8 siswa (26,67%) sedangkan 22 siswa (73,33%) yang mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 55,6. Pada post test siklus I meningkat menjadi 13 siswa (43,33%) yang tuntas sedangkan 17 siswa (56,65%) yang tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 65,23. Pada post test siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 26 siswa (86,67%) yang tuntas dan 4 siswa (13,33%) mendapat nilai tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 87,6. Selanjutnya dari hasil observasi kegiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 58%, lalu pada siklus II observasi guru meningkat menjadi 88% (sangat baik). Dengan demikian bahwa dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning  terjadi peningkatan hasil belajar siswa.

Keywords

hasil belajar, tematik, model pembelajaran contextual teaching and learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.