Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA

Reni Cahyaningrum

Abstract

Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang aktif, tidak hanya terfokus pada aktivitas guru, tetapi juga pada aktivitas siswa. Guru diharapkan mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dan mampu menerapkan model yang sesuai dengan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggambarkan aktivitas guru dalam implementasi model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, aktivitas siswa selama implementasi model problem based learning, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan implementasi model problem based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan hasil pada siklus I mencapai 66,30% (Baik) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,30% (Baik Sekali). 2) Penggunaan model problem based learning pada pembelajaran IPA di kelas V dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan presentase pada siklus I mencapai 64,00% (cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,00% (Baik Sekali). bahwa implementasi model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA

Keywords

problem based learning, hasil belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.