Increasing Activities and Learning Outcomes of Living Creatures Breeding Materials Through Problem Based Instruction with Visual Media

Suharja Suharja

Abstract

Pembelajaran IPA, merupakan proses pembelajaran yang menekankan terhadap pengenalan lingkungan dan alam sekitar. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan makhluk hidup melalui problem based instruction dengan Media Visual pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini merupakan jenis penitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian yakni sebanyak 21 orang siswa. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada akhir tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 72,62 atau sebesar 71,43% mengalami peningkatan 23,81% dari kondisi awal. Pada siklus II diperoleh nilai rata- rata 79,76 atau sebesar 85,71% sehingga mengalami peningkatan sebesar 14,28% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based instruction dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkembangbiakan makhluk hidup pada siswa kelas VI SDN Ismaya Rancadaka Pusakanagara.

Keywords

Problem Based Instruction, Media Visual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.