Application of The Make A Match Learning Model To Improve Thematic Learning Outcomes Of My Obligations And Rights In Neighborliness To Grade III Students Of SD Negeri 2 Tahunan

Sri Hartutik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Mak e a match pada peserta didik k elas III SDN 2 Tahunan semester gasal tahun pelaj aran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilak sanak an pada k elas III Semester Gasal SDN 2 Tahunan dengan kondisi awal tingkat hasil belajar masih rendah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 sik lus. Tiap sik lus terdiri dari 4 langk ah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menerapkan model pembelajaran Mak e a match terhadap materi tematik Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SDN 2 Tahunan telah dilaksanakan dengan baik dan efek tif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap siklus. Berdasarkan catatan peneliti selama penerapan model make a match didapat perolehan observasi tekait hasil belajar peserta didik pada siklus I hasil belajarnya mencapai 69,30. Sedangkan siklus II hasil hasil belajarnya mencapai 91,90. Berdasarkan analisis tes siklus I dan siklus II, kemampuan kognitif siswa kelas III SDN 2 Tahunan mengalami peningkatan pada setiap indikatornya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN 2 Tahunan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang.

Keywords

Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Make A Match

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.