The Effect Of Problem Based Learning (PBL) On Science Learning Outcomes
Abstract
Pada umumnya pembelajaran di sekolah dasar kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa kurang kreatif. Pembelajaran IPA menekankan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang aktif dan melatih siswa untuk berfikir kritis dan objektif. Model
pembelajaran Problem Based Learning(PBL) merupakan strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk berfikir lebih kritis, aktif dan belajar secara mandiri sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.Pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning telah memberikan pengaruh dengan harga effect size sebesar 0,75%
terhadap hasil belajar IPA di kelas IV SDN 12 Pontianak Selatan. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model
pembelajaran PBL dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran
2013/2014. Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.