The Relationship between Parenting Style and Learning Outcomes of Grade 1 Students at SD Negeri 02 Jeruksawit

Diah Riski Indriani, Prihanto Prihanto

Abstract

Untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 02 Jeruksawit tahun pelajaran 2018/2019, peneliti melakukan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 siswa dan orang tua siswa kelas I. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh berbeda-beda yang diterapkan orang tua. Pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua, menyusul pola asuh otoriter dan permisif. 4 orang tua dengan pola asuh demokratis, 1 orang tua dengan pola asuh otoriter dan 2 orang tua dengan pola asuh permisif. Siswa dengan pola asuh otoriter dan demokratis mempuyai hasil belajar yang baik dan cukup. Sedangkan siswa dengan pola asuh permisif mempunyai hasil yang kurang. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh dan peran serta orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Keywords

Pembelajaran outcomes, peserta didik, orang tua

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.