Improving Learning Outcomes Through The Make A Match Model With Concrete Object Media For Students At Growong Kidul 02 SDN

Sri Ningseh

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Growong Kidul 02 ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran di kelas III yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Diantaranya, sebanyak 60% dari 20 peserta didik memiliki keaktifan rendah, peserta didik kurang memperhatikan guru, pemanfaatan media pembelajaran kurang, dan hasil belajar sebanyak 70% belum mencapai KKM. Untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik kelas III, peneliti menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match dengan media Benda Konkret. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Cooperative Learning Tipe Make A Match dengan media Benda Konkret yang terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas peserta didik pada siklus I rata-rata skor 3,76 kategori baik, pada siklus II rata-rata 4,04 kategori baik dan pada siklus III memperoleh rata-rata 4,5 kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 62, siklus II rata-rata 70,5, dan siklus III rata-rata 87,5. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 50%, meningkat pada siklus II menjadi 65%, dan pada siklus III menjadi 100%. Simpulan hasil pembelajaran menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match dengan media Benda Konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Cooperative Learning, Make A Match, Benda Konkret

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.