The Influence of Problem Based Learning (PBL) Learning Model on Science Learning Motivation in Elementary Schools
Abstract
Pembelajaran IPA di sekolah dasar harus mengaktifkan dan memotivasi siswa Tujuan kajian ini adalah mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Tehadap Motivasi belajar IPA di Sekolah Dasar Hasil kajian ini berupa PBL adalah Problem- Based Learning (PBL) Pembelajaran yang didalamnya terdapat masalah secara nyata/konteks sehingga peserta didik mampu menyelesaikan masalah dengan berfikir kritis manfaat PBL manfaat Problem based learning memicu menstimulan peserta didik untuk berfikir kritis dan tidak terpaku pada teks, memecahkan masalah, membantu peserta didik untuk focus dalam pengetahuan dan skill, membantu kecakapan belajar dan lebih termotivasi untuk belajar. Langkah PBL meliputi Fase 1: Orientasi siswa pada masalah, Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan perlengkapan penting yang dibutuhkan, memotivasi siswa terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya. Fase 2. Mengorganisasi siswa untuk belajar, Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut PBL berpengaruh meningkatkan Dengan pengaruh model pembelajan problem based learning peserta didik semakin menambah motivasi belajar untuk memecahkan masalah secara individu maupun dilakukan dengan berkelompok, bantuan benda nyata/konkret mampu mengembangkan dan menyajikan serta berfikir kritis.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.