Increase Student Activity And Motivation In Learning With Ice Breaking

Ida Parastuti Parastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan ice breaking dalam pembelajaran dengan metode diskusi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di klas III. Prosedur penelitian meliputi tes uraian. Subyek penelitian siswa kelas III SDN Binangun 01 sebanyak 23 siswa. Pengumpulandata menggunakan dokumen hasil tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ice breaking dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam belajar sehingga hasil belajar juga meningkat. Dengan adanya perbedaan hasil tes yang dilaksanakan sebelum menggunakan ice breaking dan sesudah menggunakan ice breaking, ternyata ada perbedaan signifikan dalam perolehan hasil belajar siswa. Sebelum menggunanakan ice breaking dalam pembelajaran diperoleh data rata-rata hasil belajar 65 dibawah KKM dimana KKM yang ditetapkan adalah 70 dan setelah pembelajaran menerapkan ice breaking maka rata-rata belajarnya adalah 79. Dan pada uji hipotesis ice breaking berpengaruh kuat untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar. . Simpulan penelitian ini ice breaking berpengaruh terhadap keaktifan dan motivasi belajar sehingga meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III.

Keywords

Keaktifan; Motivasi; Hasil Belajar; Ice Breaking

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.