Efforts To Improve The Motivation And Performance Of Upper Class Teachers In Teaching Arts, Culture And Skills Through Information Technology Based Learning Simulation Method At Sdn 01 Widuri Pemalang

Steffi Safariana

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan kepala sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, V dan VI. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan yakni bulan Juli- September 2021. Adapun hasil yang didapat setelah pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini yaitu meningkatnya kinerja guru dalam mengajar Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) setelah pembinaan melalui metode simulasi pembelajaran berbasis IT dengan pemanfaatan mediapembelajarankomputerdaninternetdiSDNegeri01WiduriPemalang tahunpelajaran 2021/2022, terlihat dari hasil penilaian yang telah dilaksanakan yakni pencapaian kinerja guru kelas IV pada siklus I mencapai 66% naik menjadi 89% pada siklus II, kinerja guru kelas V pada siklusImencapai71%naikmenjadi91%padasiklusII,sedangkankinerjagurukelasVI pada siklus I mencapai 75% naik menjadi 94% pada siklus II. Merujuk pada hasil penelitian diatas peneliti berharap hendaknya pembelajaran berbasis IT ini dapat diterapkan pada mata pelajaran lain dengan pembelajaran berbasis IT ini akan memudahan guru dalam mencari bahan pembelajaran yang cepat, inovatif, kreatif, dan tentunya menyenangkan sehingga diharapkan akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

Motivasi dan Kinerja Guru, Metode Simulasi, SBK.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.