Effect of Application of the Discovery learning Model on Mathematics Learning outcomes of Elementary Students
Abstract
Untuk meningkatkan keberhasilan pendidikan diperlukan inovasi didalam proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk sangat kreatif agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. Tujuan Artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa SD. Studi ini menelusuri 15 artikel terakreditasi nasional tentang Sinta 2 hingga Sinta 5 yang diperoleh dari Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model Discovery learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di masing-masing satuan pendidikan, SD, SMP, dan SMA. 2) Penerapan model Discovery learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 3) Indikator yang direkomendasikan untuk dijadikan acuan kemampuan berpikir kritis siswa adalah (1) Identifikasi, (2) Definisikan, (3) Enumerasi, (4) Analisis, (5) Daftar, dan (6) Koreksi diri.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.