Implementation of the Discussion Method in Improving Learning Achievement (Indonesian Language Lessons) Class II Students at SDN 03 Pojok

Purnomo Aji

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar kelas II dengan implementasi metode diskusi. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data tentang kegiatan pembelajaran diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil tes belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode diskusi pada siklus I dengan nilai rata-rata 70. Pada siklus II memperoleh nilai rata- rata 83. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa implementasi metode diskusi berdampak positif jika di gunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas II SDN 03 Pojok meningkat.

Keywords

Bahasa Indonesia, Diskusi, Strategi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.