Application Of The Project-Based Learning Model In Improving The Learning Outcomes Of Indonesian Class Iii Students At Sd Negeri Pekuncen 01

Tri Widiastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menerapkan model Project Based Learning bagi peserta didik kelas III di SD Negeri Pekuncen 01. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SD Negeri Pekuncen 01 yang berjumlah 16 terdiri dari 11 laki-laki dan 5 perempuan. Berdasarkan hasil pengamatan, kondisi peserta didik pada saat proses pembelajaran dan hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar masih rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa evaluasi dan observasi. Sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar dibuktikan dengan hasil observasi dan tes formatif. Prosentase hasil belajar pada siklus I 75% dan mengalami peningkatan pada siklus II 93,75%. Rata-rata hasil belajar juga meningkat dari siklus I 77,87 dan siklus II 86,31. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Project Based Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia peserta didik Kelas III di SD Negeri Pekuncen 01.

Keywords

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Project Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.