Application Of Audio-Visual Media To Improve Indonesian Language Learning Outcomes On Conditions And Weather Changes In Class Iii Students At Elementary School

Rohman Hidayat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam menetapkan media yang tepat agar terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dengan dilatarbelakangi rendahnya pemahaman siswa terhadap keadaan dan perubahan cuaca di lingkungansekitarpadaumumnya,rendahnyahasilbelajarsiswapada matapelajaranBahasa Indonesia Materi Keadaan dan Perubahan Cuaca pada khususnya. Berdasarkan latar belakang dan analisis yang dilakukan, maka dirumuskan masalah “Apakah penggunaan media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Keadaan dan Perubahan Cuaca pada siswa kelas III Sekolah Dasar Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021?” Berdasar Penulisan diperoleh media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan data hasil belajar pada Pra Siklus nilai 74% (tujuh puluh empat persen), sedangkan pada Siklus I meningkat menjadi 84,3% (delapan puluh empat koma tiga persen) dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 90,6% (sembilan puluh koma enam persen) Simpulan PTK adalah media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Khususnya Materi Keadaan dan Perubahan Cuaca pada siswa kelas III Sekolah Dasar.

Keywords

Audio visual, hasil belajar, dan Bahasa Indonesia Khususnya Materi Keadaan dan Perubahan Cuaca.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.