Improving Multiplication and Division Counting Ability using Snakes and Ladders Media in Grade II students at SD Kerangkulon 1 Wonosalam

Arum Indriyani

Abstract

Matematika memiliki peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir siswa. Hasil observasi diperoleh 1.) siswa kelas II kurang tertarik belajar matematika, 2) hampir 50% siswa masih berada di bawah nilai KKM yang telah ditetapkan. Adanya permasalahan tersebut, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan Media Ular Tangga dalam proses pembelajaran berhitung perkalian dan pembagian. Tujuan penelitiannya yaitu untuk dapat meningkatkan berhitung perkalian dan pembagian siswa SD Kerangkulon 1 Wonosalam dengan Media Ular Tangga. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan dengan tehknik pengumpulan data tes dan observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan berhitung siswa dengan perkalian setelah menggunakan Media Ular Tangga yang ditandai dengan minimal 75% dari jumlah siswa yang mengikuti tes telah tuntas KKM.

Keywords

Media Pembelajaran, Media Ular Tangga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.