Implementation Of Problem Based Learning Model With Audiovisual Media To Improve Class V Science Learning

Ari Budiarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menimgkatkan pembelajaran IPA pada kelas V di SDN Kluwihh 02.dari penilaian pembelajaran Ipa siswa kelas yaitu nilai siswa di bawah KKM dasar yang ditetapkan oleh satuan pelajaran adalah 70. Hanya 13  siswa dari 31 siswa yang mencapai nilai terendah, sesuai dengan hasil belajar.45 dan 85, dengan rata-rata kelas 85 merupakan nilai tertinggi. Berdasarkan data hasil belajar IPA, pada pembelajaran ini perlu ditingkatkan agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih bernilai kepada siswa.metode yang digunakan pada penelitiam ini adalah menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan media audio visual. Hasil pada penelitian ini adalah dari Siklus I yaitu  75,6 ke Siklus II normal belajarnya adalah 87,7. dengan rata-rata tingkat pencapaian siswa adalah 47, dan dengan kriteria baik meningkat menjadi 85. Pada Tahap III ini kinerja guru pada Siklus II sangat baik, dan dengan yang kriteria baik,karena menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Keywords

Audio visual, IPA, Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.