Analysis of Public Services toward the Destitutes/Mustahik at BAZNAS Kabupaten Madiun

Afif Udin, Wiedy Murtini, Patni Ninghardjanti

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelayanan pengajuan bantuan untuk mustahik di kantor Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Madiun; (2) Bagaimana proses pelayanan penyaluran program Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teknik studi kasus, dipilih karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif secara tertulis dari orang dan perilaku yang dapat diamati dan memiliki pendekatan observasi partisipatif. Teknik studi kasus dipilih karena teknik ini lebih relevan untuk mengetahui permasalahan pelayanan yang ada.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pola pelayanan administrasi terhadap mustahik di kantor Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Madiun. Terdapat dua jenis pelayanan yaitu pelayanan pengajuan dan pelayanan penyaluran. Simpulan Penelitian ini adalah pelayanan pengajuan mustahik dan penyaluran di kantor Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Madiun, sudah cukup baik karena telah memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi atau layanan, baik secara langsung maupun tidak langsung

Keywords

mustahik, pelayanan, zakat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.