Increasing Student Learning Motivation through the Use of Ice breaking in Face-to-Face Learning
Abstract
Kegiatan mengajar tidak hanya sebatas guru memberikan materi namun harus memperhatikan peserta didik apakah siswa fokus atau tidak selama proses pembelajaran. Adanya faktor dari dalam maupun dari luar sangat penting agar proses pembelajaran tercipta dengan baik dan menyenangkan. Motivasi belajar yang rendah membuat pembelajaran menjadi tidak maksimal. Peserta didik tidak fokus dan tidak bersemangat karena guru sering menggunakan metode ceramah di dalam proses pembelajaran. Agar siswa dapat kembali fokus, maka diperlukan adanya ice breaking untuk mengembalikan suasana belajar yang menyenangkan. ice breaking berfungsi untuk sebuah proses belajar, sebagai energizer sebelum pemberian materi utama, memecah kebekuan, dan disaat mengalami kejenuhan sehingga memberikan kesan yang menyenangkan ketika belajar. Contoh Ice breaking antara lain pemberian tepuk, quiz, permainan, dan lainnya yang menciptakan pembelajaran lebih menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Meningkatkan motivasi belajar pada proses pembelajaran tatap muka, (2) Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan ice breaking dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.