Improving Activities and Outcomes of Learning Writing Narrative through The Picture and Picture Method

M. Ikhwan Nur

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui upaya penggunaan metode picture and picture untuk meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan performansi guru dalam pelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis naras Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Teknik dan alat pengumpul data yaitu dengan teknik tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SD Negeri Sarwodadi Kabupaten Pemalang dengan siswa sebanyak 42, terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 24 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua kali tindakan atau dua kali siklus. Hasil yang diperoleh berupa adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 79,09% meningkat menjadi 84,24% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa, dari persentase tuntas belajar klasikal 78,57% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 73,09 pada siklus I, menjadi 90,48% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 78,21   pada siklus II, serta performansi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi pada siswa kelas III SD Negeri Sarwodadi Kabupaten Pemalang juga meningkat yaitu dari 82,14 pada pelaksanaan tindakan siklus I, menjadi 87,69 (A) pada pelaksanaan tindakan siklus II. Metode picture and picture, dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Negeri Sarwodadi Kabupaten Pemalang.

Keywords

aktivitas belajar, hasil belajar, model picture and picture

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.