Effectiveness of Using Gamification Media With Wordwall Applications In Science Study (Natural Science) In Class Iv Sd Negeri 4 Kalibagor

Risky Ariyani

Abstract

Guru mencoba membuat metode pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan metode gamifikasi yang interaktif namun hasil dari penggunaan metode ini bisa dijadikan acuan dalam melihat ketercapaian materi yang diberikan untuk siswa. Melalui metode gamifikasi ini, siswa diajak untuk berpartisipasi penuh, perasaan tertantang, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Harapan dari penggunaan metode ini adalah membangun cara berpikir kritis dan kreatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif yaitu serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya sesuai dengan fakta yang terjadi dilapangan. Tahapan pengambilan data adalah observasi dan wawancara. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

Keywords

Game, sekolah dasar, wordwall

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.