Increasing the quality of pancasila and civics education through number heads together assisted to monopoly

Tudrika Akhlilia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn, yang meliputi
keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas III B SDN Palebon 03
Semarang melalui model pembelajaran Number Heads Together berbantuan media permainan
monopoli. Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksankan dalam tiga
siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Tahap-tahap pada setiap
sikluas antara lain adalah perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas III B SDN Palebon 03. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) keterampilan guru siklus
I skor 29 dengan kriteria baik, siklus II skor 31 dengan kriteria sangat baik, dan siklus III skor 35
dengan kriteria sangat baik; 2) aktivitas siswa siklus I skor 25,34 dengan kriteria baik, siklus II
skor 27,41 dengan kriteria baik, siklus III skor 30,12 dengan kriteria sangat baik; 3) persentase
ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I 40%, siklus II 70%, dan meningkat pada siklus III
menjadi 95%

Keywords

Monopoli, NHT, kualitas pembelajaran, PPKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.