Improve Student Ability In Addition Arithmetic Operation And Subtraction Arithmetic Operation Mathematics With Help Class 1 Concrete Objects in Elementary School

Miftakhul Anwar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengoperasionalkan
penjumlahan dan pengurangan melalui benda kongkrit. Penelitian ini menggunakan bentuk
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di Sekolah
Dasar Negeri Kebondalem pada semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan subjek
penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 13 orang. Metode penelitian menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan melalui Tes dan observasi. Analisis data
dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis menyatakan dengan menggunakan media benda kongkrit
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan
pengurangan di Sekolah Dasar Negeri Kebondalem Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung
Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Data empirik menyatakan bahwa, melalui pengunaan
media benda kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I dalam
mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan di Sekolah Dasar Negeri Kebondalem.
Dari kondisi awal nilai kemampuan mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan di
Sekolah Dasar Negeri Kebondalem hanya 52,63% masuk Keriteria Ketuntasan (KKM),
meningkat ke kondisi akhir siklus II menjadi nilai hasil belajarnya 100% masuk kriteria KKM.

Keywords

Hasil Belajar, Benda Kongkrit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.