Application of the Talking Stick Methode to Increase Student Learning Motivation

Nurul Hikmah

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi peserta didik. Dimana dalam kegiatan pembelajaran membutuhkan adanya sebuah motivasi belajar yang berperan dalam meningkatkan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Motivasi belajar dalam kegiatan pembelajaran yang dimiliki oleh para siswa dapat menciptakan sekolah yang berkualitas. Guru berupaya melakukan pemusatan perhatian agar peserta didik memiliki kemampuan untuk memfokuskan pikiran dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran di kelas. Pemilihan dan penentuan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran juga berpengaruh terhadap motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang bervariasi diharapkan dapat menciptakan suasana yang tidak monoton dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik dapat lebih terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat diupayakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Talking Stick, karena metode tersebut dapat melibatkan siswa secara aktif dalam belajar sehingga siswa tidak merasa jenuh atau bosan pada saat pembelajaran.

Keywords

motivasi belajar, metode talking stick, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.