Increasing Mathematics Learning Outcomes Flat Building Material Through Contextual Learning Models in Class V Students of SD Negeri Kepatihan Surakarta Academic Year 2019/2020

Maya Fatmalasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri Kepatihan Surakarta tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa yang meningkat dari pra siklus (pre test), siklus I, dan siklus II. Pada pelaksanaan pra siklus (pre test) siswa yang tuntas sebesar 36%. Pada siklus I siswa yang tuntas setelah melaksanan post test sebesar 54%. Pada siklus II siswa yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 90%. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mupel Matematika Kelas V di SD Negeri Kepatihan.

Keywords

hasil belajar, pendekatan konstektual, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.