Use of The Group Investigation Model to Improve Motivation Student Learning

Willy Agustian

Abstract

Proses belajar mengajar yang ada merupakan penentu keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Pada kenyataanya masih banyak guru sekolah dasar dalam menjalankan proses pembelajaran tanpa diiringi perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran yang belum terlaksanakan dengan baik. bahkan tidak melaksanakan penilaian dan dalam pembelajaran masih ada guru yang menggunakan metode ceramah dan bersifat satu arah (teacher centered) yang menyebabkan siswa menjadi pasif, kurang termotivasi dan hasil belajar menjadi rendah. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang bisa membuat siswa menajdi termotivasi serta memahami pembelajaran dengan baik. Model pembelajaran Kooperatif tipe group Investigation dinilai dapat mengatasi permasalah tersebut karena dengan model tersebut siswa dapat memperoleh pengalaman baru dalam pembelajaran dan dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga pemahaman siswa akan bertambah dan hasil pembelajaran pun akan meningkat.

Keywords

Motivasi. Hasil Belajar Siswa. Model Group Investigation (GI)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.